Test Footer 2

Saturday, January 27, 2018

Selai Kacang dan Tempe Kacang




SELAI  KACANG
Kacang merupakan salah satu hasil alam yang melimpah di desa Rongdurin. Pada dasarnya, sebagian besar warga Rongdurin lebih memanfaatkan lahannya untuk ditanami berbgai macam tanaman seperti kacang, jagung dan padi. Kacang ini menjadi salah satu hasil panen warga disepanjang tahun. Namun, harga jual kacang di desa Rongdurin masih tergolong rendah, dikarenakan warga lebih cenderung memasarkan kacang tanpa ada pengolahan lebih lanjut. Kurangnya pengetahuan warga dalam pengelolaan kacang untuk dijadikan produk yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, oleh karena itu perlu adanya sosialisasi dan praktek pengelolaan kacang menjadi Selai Kacang.
Adapun  peralatan yang dibutuhkan dalam praktek pembuatan olahan jagung, yaitu:
a.    Kacang tanah yang telah dikupas sebanyak 250 gram. Sangrai  sampai  matang.
b.    Susu cair sebanyak 1300 mililiter.
c.    Margarine atau mentega sebanyak 150 gram.
d.   Garam halus sebanyak 1/3 sendok teh.
Salah satu inovasi olahan kacang yang akan kami praktekkan yaitu pembuatan Selai Kacang yang proses pembuatannya cukup mudah, sehingga akan mudah dipraktekan oleh warga. Sasaran dari kegiatan ini, adalah warga desa Rongdurin, khususnya ibu-ibu PKK.
Cara membuat Selai Kacang:
1.    Sangrai kacang tanah, Setelah kacang tanah selesai disangrai, masukkan ke dalam blender dan haluskan sampai benar-benar menjadi pasta.
2.    Setelah itu, pasta kacang tersebut dimasak bersama susu sambil terus diaduk hingga benar-benar kental. Selanjutnya angkat dan simpan di wadah. Tunggu hingga dingin.
3.    Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan pasta kacang tadi ke dalam food processor sambil dicampur dengan margarine atau mentega bersama gula pasir dan garam.
4.    Proses pasta kacang tersebut hingga semua bahan tercampur sempurna. Selanjutnya masak dalam satu wadah hingga kadar airnya berangsur-angsur berkurang.
5.    Setelah adonan tersebut tidak lagi melekat di wajan, saatnya Anda mengangkat pasta kacang sebab ia telah siap disajikan sebagai selai kacang nikmat untuk keluarga.
6.    Selai kacang siap dikemas


TEMPE KACANG
 Selain dapat diolah menjadi selai kacang, kacang dapat diolah menjadi tempe. Adapun Alat – alat dan bahan yang digunakan antara lain:

             Ø  Alat – alat yang digunakan
1)        Baskom 1 buah
2)        Plastik atau daun pisang
3)        Panci dan penutupnya 1 buah
4)        Pengaduk (sothil) 1 buah
5)        Kompor gas 1 buah
             Ø  Bahan- bahan yang di gunakan
1)        Kacang tanah
2)        Ragi tempe
   Setelah alat dan bahan yang dibutuhkan sudah di persiapkan untuk inovasi olahan kacang menjadi sebuah tempe kita harus memberikan sebuah langkah- langkah untuk membuat tempe dari kacang tanah. Pembuatan tempe ini cukup mudah dan memerlukan waktu 3 hari untuk di pasarkan atau untuk di makan sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah  warga desa Rongdurin, khusus ibu PKK.
Ø  Langkah – langkah membuat tempe dari kacang tanah
1)   Mempersiapkan alat dan bahan
2)   Pilah kacang tanah
3)   Mencuci kacang tanah dengan menggunakan air yang bersih
4)   Merebus kacang tanah selama 30 menit. Setelah itu tiriskan kacang tanah
5)   Rendam kacang tanah selama 12 jam di dalam panci
6)   Rebus kembali selama 10 menit hingga matang
7)   Menguliti atau memisahkan lapisan yang membungkus rebusan kacang tanah dengan cara menggosok- gosok atau meremas – remas rebusan kacang tanah menggunakan jari tangan
8)   Kukus kembali kacang tanah yang sudah bersih dari kulit hingga matang (kurang lebih 1 jam)
9)   Tiriskan kacang tanah hingga airnya bener- bener tuntas dan kering
10)    Larutkan ragi tempe dengan air
11)    Taburi dengan ragi tempe, perbandingannya untuk 1 kg kacang tanah jumlah ragi tempenya kurang lebih 20 gr ( 1 sdm penuh). Ratakan keseluruhannya.
12)    Kacang tanah dan ragi tempe di aduk sampai tercampur
13)    Melubangi plastik dengan menggunakan tusuk sate
14)    Kacang tanah dimasukkan ke dalam plastik agar ada sirkulasi udara di dalam plastik.
Simpan dan letakkan adonan  sampai kacang tanah mengalami fermentasi. Hasil fermantasi adalah adonan yang semula tidak keras, sekarang menjadi keras dan padat setelah itu ditemukan hifa yang berwarna putih.

0 komentar:

Post a Comment