Test Footer 2

Saturday, January 27, 2018

Media Pembelajaran




Selain dari sektor pertanian, perlu juga kita menkaji dan menganalisa dari sektor pendidikan. Karen kurang lengkapnya fasilitas yang ada di Lembaga Pendidikan yang ada di Desa Rongdurin, maka kami berinisiatif untuk membuat sebuah media untuk membantu para guru lebih cepat memberikan pemahaman kepada siswa. 
Media pembelajaran sebagai serangkaian kejadian yang membantu siswa dalam mempelajari materi pelajaran sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran. Fungsi media pembelajaran sendiri sebagai alat bantu mengajar yang dapat mempengaruhi kondisi dan lingkungan dari siswa. Desa Rongdurin merupakan desa dengan kualitas pendidikan yang masih rendah. Hal ini menyebabkan penggunaan media pembelajaran kurang dikembangkan oleh kebanyakan guru disekolah tingkat dasar ataupun tingkat menengah. Keterbatasaan media pembelajaran menjadikan siswa memiliki pengalaman yang masih kurang dalam hal penggunaan Media.Adapun Media pembelajaran yang dapat digunakan dan dikembangkan di Desa Rongdurin  adalah sebagai berikut :
1.      Torso
Torso merupakan alat peraga berupa bagian-bagian dari anggota tubuh manusia. Torso yang biasanya digunakan di sekolah umumnya dalam bentuk jadi dari pabrik. Namun, tidak semua laboratorium disekolahan memiliki torso ataupun alat peraga lain, sehingga torso yang dibentuk sendiri atau dirangkai sendiri dapat membantu siswa dalam memahami bagian-bagian tubuh manusia secara langsung.
Alat dan Bahan yang digunakan dalam membuat torso yaitu : Lem, Crayon, Kertas kardus, karton, perekat, karung beras sisa.
2.     Papan Statistik
Papan statistika yang dapat disingkat PANTIK merupakan alat peraga yang dibuat dengan tujuan sebagai media pembelajaran statistika. Adanya alat peraga ini diharapkan siswa lebih memahami dan mengerti materi matematika tentang mean, median, modus, kuartil atas, kuartil bawah, dan kuartil tunggal.
Video Penjelasan Media Pembelajaran :

0 komentar:

Post a Comment