Test Footer 2

Sunday, January 28, 2018

Potret Rongdurin

Warga desa Rongdurin adalah sosok masyarakat yang begitu kuat dalam bekerja. Mereka tidak pernah letih dan mengeluh untuk menjalani segala bentuk aktivitasnya meskipun itu sangat melelahkan. Ketika fajar belum terlihat begitu cerah namun mereka sudah mulai menjalani aktivitasnya. Inilah sosok mereka yang setiap harinya menghabiskan waktunya di ladang. Tak peduli teriknya matahari tidak mampu menggoyahkan semangat mereka. 
Mata pencaharian pokok mayoritas penduduk Desa Rongdurin yaitu sebagai petani sebanyak 571 orang, sebagai buruh sebanyak 95 orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 11 orang, pedagang keliling sebanyak 7 orang, peternak sebagai 1.132 orang,  montir sebanyak  3 orang, bidan swasta sebanyak 1 orang, notaris sebanyak 2 orang,  dukun kampung terlatih sebanyak 2 orang, tukang ojek 10 0rang, tukang cukur 1 orang dan tukang kayu/batu sebanyak 2 orang.
Potensi sumber daya alam di daerah ini begitu melimpah. Di desa Rongdurin ini memiliki struktur tanah yang sangat subur sehingga mudah di tumbuhi oleh banyak tumbuhan seperti halnya durian. Di desa ini pohon durian dapat hidup dan berkembang bahkan berbuah namun hanya berbuah sekali dalam setahun dan itupun tidak pasti pada bulan apa buah itu akan berbuah karena tergantung iklim dan cuaca setempat.
Desa Rongdurin memiliki potensi dari segi pertanian pada umumnya. Dari segi pertanian potensi desa ini adalah kacang. Selain itu desa Rongdurin juga memiliki potensi jagung. Hampir disetiap sudut jalan terlihat  tanaman jagung. Hanya saja potensi-potensi tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Misalnya, pada kacang dan jagung yang hanya dikonsumsi sendiri atau dijual mentahnya saja ketika panen. Padahal, kacang dan jagung dapat menjadi produk olahan lainnya yang akan meningkatkan perekonomian penduduk desa Rongdurin. Penduduk desa Rongdurin pada umumnya kurang memiliki pengetahuan lebih lanjut untuk meningkatkan potensi unggulan desa agar potensi tersebut memiliki nilai jual yang lebih dengan cara dilakukannya pengembangan di berbagai bagian yang masih kurang.
 

0 komentar:

Post a Comment