Sunday, August 7, 2016

Potensi Sumber Daya Alam

Potensi sumber daya alam di daerah ini begitu melimpah. Di desa rongdurin ini memiliki struktur tanah yang sangat subur sehingga mudah di tumbuhi oleh banyak tumbuhan seperti halnya durian. Di desa ini pohon durian dapat hidup dan berkembang bahkan berbuah namun hanya berbuah sekali dalam setahun dan itupun tidak pasti pada bulan apa buah itu akan berbuah karena tergantung iklim dan cuaca setempat.


Selanjutnya yaitu tumbuhan salak, disini tumbuhan salak begitu melimpah dan sangat liar. Namun, dari semua tumbuhan salak tersebut tidak ada satupun yang bisa berbuah dikarenakan tidak ada warga yang bisa mengkawinkan tumbuhan salak tersebut sehingga tumbuhan ini tidak dikelola dan tumbuh secara liar. Ketika kalian mengunjungi desa rongdurin ini maka kalian akan menjumpai tumbuhan salak di pinggir-pinggir jalan ataupun di pekarangan warga. Hal itu pula yang menjadi PR untuk kami tentang bagaimana kami bisa membudidayakan tumbuhan salak yang liar tersebut agar bisa berbuah dan dapat dimanfaatkan oleh warga sehingga tidak menjadi tumbuhan liar kembali.


Selain tumbuhan salak disini juga kalian bisa menjumpai pohon rambutan. Iya pohon rambutan yang hanya tumbuh di daerah tertentu saja tapi tidak untuk daerah ini yang juga memiliki banyak sekali pohon rambutan. Namun permasalahannya pohon rambutan disini sama seperti halnya tumbuhan salak sebelumnya. pohon rambutan disini tidak bisa berbuah sama sekali. Entah apa yang membuat pohon itu tidak bisa berbuah apa mungkin karena iklim dan cuacanya kami juga masih belum mengetahuinya. Hal itu juga yang menjadi pemikiran bagi kami saat kami berada di daerah ini. Disini juga terdapat tumbuhan salak, dan buah-buahan seperti nangka, pisang, dan mangga. 

Namun dari semua tumbuhan yang telah dijelaskan sebelumnya terdapat beberapa potensi sumber daya alam yang menjadi keunggulan desa ini yaitu jagung dan kacang tanah. Disini lahan pertaniannya begitu luar dan struktur tanahnya juga begitu subur. Kacang tanah di daerah ini adalah menjadi potensi utama dimana hampir semua warga di desa rongdurin ini setiap lahanya pasti di tumbuhi oleh kacang tanah. Kacang tanah ini merupakan tumbuhan yang sulit sekali penanamannya. Mengapa? kacang tanah sangat dipengaruhi oleh banyak sedikitnya curah hujan atau saat pengairan. Mereka panen kecang tanah sebanyak 6 kali dalam setahun itupun tidak pasti juga dikarenakan tergantung dengan iklim dan cuaca. 

0 komentar:

Post a Comment