Friday, August 5, 2016

Penyuluhan Pertanian


Peserta Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan pertanian diadakan pada hari Rabu, 03 Agustus 2016 di balai desa rongdurin. Warga sangat begitu antusias dengan adanya acara ini. Hal itu dapat diketahui dari banyaknya jumlah peserta penyuluhan pertanian yang dihadiri lebih dari 60 warga rongdurin dari berbagai dusun yang diantaranya dusun durinan, dusun bandungan, dusun guwah dan rongtengah. Acara penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan ataupun informasi yang lebih banyak lagi kepada para petani yang ada di desa rongdurin ini karena disini mayoritas penduduknya sebagai seorang petani.

Pembawa Acara membacakan susunan acara kegiatan penyuluhan pertanian

Tema dalam acara ini yaitu Peningkatan Produktivitas Pertanian dan Optimalisasi Pupuk Organik yang mana tema itu telah disesuaikan atas kebutuhan warga berdasarkan keluhan-keluhan warga mengenai pertanian ketika kami wawancarai sebelumnya dari tiap-tiap dusun. Sebelum acara dimulai, pembawa acara menyampaikan serangkaian susunan acara mulai dari awal hingga akhir.

Pembacaan Doa oleh Perwakilan Dari Tokoh Masyarakat
Doa dibacakan oleh salah satu tokoh masyarakat yang ada dengan tujuan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar hingga akhir acara. 
Penyampaian Materi Oleh Bapak Dr. Ir. Achmad Amzari., Mp
Materi penyuluhan ini akan disampaikan oleh bapak Dr. Ir. Achmad Amzari., Mp dan Dr. Ir. R.A Shidqi Zaet, Z.M., Ms selaku dosen pertanian dari Universitas Trunojoyo Madura. Beliau menyampaikan banyak hal yang berkaitan dengan pertanian khusunya mengenai budidaya tanaman kacang dan jagung serta bagaimana pemanfaatan kotoran ternak untuk pupuk organik. Beliau juga menjelaskan banyak trik dan metode yang dapat digunakan untuk pembudidayaan tanaman tersebut sehingga diharapkan hasil pertanian dapat lebih melimpah dibandingkan sebelumnya. Selain itu pemateri juga menjelaskan mengenai perbandingan antara pertanian di Indonesia dengan luar negeri dan pemateri juga menyampaikan banyak hal tentang pemumupukan mulai dari jenis-jenis pupuk, kandungan pupuk, dan penggunaan takaran pupuk yang tepat untuk pertanian.

Penyampaian Materi Oleh Bapak Dr. Ir. RA Shidqi Zaet, Z.M., Ms
Materi selanjutnya disampaikan oleh bapak Dr. Ir. RA Shidqi Zaet, Z.M., Ms untuk melengkapi materi yang sebelumnya disampaikan dan menambahkan beberapa hal yang sebelumnya belum disampaikan oleh bapak Dr. Ir. Achmad Amzari., Mp. Setelah penyampaian materi, warga dipersilahkan untuk bertanya semua hal mengenai pertanian baik yang sudah disampaikan maupun yang belum disampaikan dengan tujuan agar setelah acara ini dapat memberikan kemajuan bagi warga di sektor pertanian.



0 komentar:

Post a Comment