Test Footer 2

Thursday, August 4, 2016

Kondisi Demografis

Kondisi Demografis
1. Pertanian
Desa Rongdurin merupakan daerah yang tanahnya dapat digunakan untuk pertanian. Jenis tanaman yang ada di desa ini adalah tanaman pangan yang terdiri dari tanaman jagung, kacang tanah, padi sawah dan padi ladang. Untuk produktivitas dapat dilihat pada tabel berikut:

Jenis Komoditi
Luas
Produksi
Jagung
148 Ha
270 ton/ha
Kacang tanah
109Ha
84 ton/ha
Padi sawah
108 Ha
5,84 ton/ha
Rambutan
109 Ha
86 ton/ha
2. Peternakan
Desa Rongdurin juga memiliki potensi untuk peternakan, jenis ternak yang dipelihara oleh masyarakat yaitu sapi, ayam kampung, kambing, dan kucing. Kepemilikan ternak dan populasi ternak dapat dilihat pada tabel berikut:

Jenis Ternak
Jumlah Pemilik Tahun Lalu
Jumlah Pemilik Tahun Ini
Sapi
429 orang
431 orang
Ayam
485 orang
490 orang
Kambing
235 orang
280 orang
Kucing
5 orang
3 orang

Berdasarkan data diatas dapat diketahui bahwa  jumlah pemilik ternak terbanyak yaitu pemilik ternak ayam kampung, dikarenakan lebih mudah dipelihara dan nilai jual yang menguntungkan. Sehingga mayoritas warga desa Rongdurin lebih memilih beternak ayam ayam kampung. 


Sedangkan untuk jumlah populasi dari ternak tersebut dapat dilihat di tabel berikut:
Jenis Ternak
Perkiraan Jumlah Populasi Tahun Lalu
Perkiraan Jumlah Populasi Tahun Ini
Sapi
575 ekor
527ekor
Ayam kampung
5700ekor
5750 ekor
Kambing
267ekor
264 ekor
Kucing
5 ekor
7 ekor
3. Sumber Daya Air
a. Potensi Air dan Sumber Daya Air
Uraian
Debit/volume
Kondisi
Sungai
Kecil
Baik
Bendungan/Waduk/Situ
Kecil
Baik

Potensi air dan sumber daya air di Desa Rongdurin ini kurang mencukupi, karena warga sekitarhanya bisa memanfaatkan air dari sungai dan bendungan/waduk/situ. Warga Rongdurin juga mengandalkan air huja nuntuk keperluan tanaman yang mereka tanam. Sungai, bendungan/ waduk/ situ memiliki volume kecil dan kondisi airnya baik. Seiring berjalannya waktu, Desa Rongdurin telah menggunakan dan membuat sumur yang telah digunakan untuk keperluan sehari-hari warga sekitar Rongdurin. Namun kekurangan sumur tersebut yaitu hanya dapat digunakan oleh beberapa kepala keluarga saja sehingga penggunaan yang kurang optimal bagi seluruh warga Desa Rongdurin. Dari sisi debit/volume air sumur sangat bagus meskipun disaat musim kemarau. Dari sisi kualitas air sumur sangat bagus sekali dan jernih.
1. Sumber air bersih
Uraian
Jumlah
Mata air
1 unit
Sumur gali
55 unit
Sungai
2 unit

Desa Rongdurin hanya memiliki 1 unit mata air dan 2 unit sungai yang sering digunakan untuk mengairi sawah dan mencuci. Tidak semua warga memiliki sumur galian, di desa ini hanya terdapat 45 unit sumur galian. Untuk mendapatkan air  bersih untuk keperluan sehari-hari, mereka menumpang atau memakai pompa air  dari warga yang memiliki sumur galian.
            2. Pemanfaatan sumber air bersih
Uraian
Pemanfaat
Mata air
32 KK
Sumurgali
405 KK
Sungai
27 KK

            Warga Desa Rongdurin memanfaatkan sumber air bersih untuk keperluan sehari-hari, terdapat 32 kepala keluarga yang memanfaatkan mata air.332 kepala keluarga memanfaatkan sumur galian. Sedangkan yang memanfaatkan sungai terdapat 15 kepala keluarga.
            b. Kualitas air minum
Uraian
Keterangan kualitas
Mata air
Baik
Sumur gali
Baik
sungai
Baik

Kualitas air minum di Desa Rongdurin seperti yang terdapat pada mata air, sumur gali, dan sungai memiliki kualitas yang baik.
c. Kondisi
Uraian
Jumlah
Pilih Kondisi Sungai
Kondisi sungai
2 buah
Baik

       Kondisi sungai yang baik di desa Rongdurin terdapat 2 buah sungai yang layak untuk di manfaatkan oleh warga sekitar.


0 komentar:

Post a Comment