Monday, July 18, 2016

Silahturrahmi Ke Warga Rongdurin

Jum'at (15/07) adalah hari pertama kami ada di desa ini. Ayam sudah mulai berkokok menandakan hari sudah mulai pagi dan kami beranjak melakukan aktivitas mulai dari sholat shubuh berjamah, menyapu halaman, membersihkan kamar, pergi ke pasar, memasak dan berolahraga. Meskipun matahari belum terlihat begitu terang namun warga sudah mulai menjalani aktivitasnya mulai dari berjualan, pergi ke sawah,  dll. Sekitar pukul 07.00 pagi, kami sarapan bersama sekaligus rapat brieving untuk melakukan persiapan persiapan kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini. Agenda yang telah ditentukan pada hari ini  mengadakan acara silahturrahmi kepada warga yang terdiri dari 4 dusun yaitu dusun durinan, bendungan, rongtengah dan guwah. Dusun yang pertama kali kita datangi pada saat silahturrahmi adalah dusun durinan dimana dusun durinan ini merupakan dusun rute pertama yang ada di desa rongdurin. dalam silaturahmi sekaligus observasi  perjalanan ke dusun rondurin klompok 28 menemukan banyak sekali data yang di dapatkan. 
Dengan pendekatan secara sosialisasi langsung dengan warga dusun rondurin kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan beberapa hal yang bisa memberikan kontribusi untuk bisa lebih memajukan dusun rongdurin. kepala dusun durinan bernama pak madruji di dusun durinan terdapat sekitar 200 KK.


Di dusun durinan terdapat beberapa tempat untuk menimbah ilmu, yaitu ada MI yang satu atap dengan SMP Rongdurin. Hampir seluruh desa rongdurin bekerja sebagai petani termasuk dusun durinan sendiri. setiap pagi menjelang siang kemudian sambung lagi siang sampai sore mereka bergelut dengan sawahnya yang merupakan pokok penghasilan untuk menghidupi kebutuhannya sehari-hari. perekonomian mereka bergantung pada penghasilan sawahnya. 


Sedangkan di dusun durinan sendiri tamatan sekolahnya masih minim sekali maksimal hanya sempai di SMP, SMA pun masih jarang. salutnya saya pribadi solidaritas yang ada di dusun ini masih sangat terlihat. 
Selain dusun durinan, disini juga terdapat beberapa dusun juga yaitu dusun bendungan dimana penduduknya lebih banyak dibandingkan dusun lainnya yang ada dia rongdurin. Dusun bendungan ini di pimpin oleh kepala dusun yang bernama pak mujar. Di dusun bendungan ini juga terdapat beberapa tempat untuk menimba ilmu diantaranya SD, MI dan SMP. Warga disini juga sangat ramah dan anak-anak disini juga memiliki semangat yang tinggi untuk belajar sehingga rencananya kami akan membuka bimbingan belajar untuk dusun ini dan dusun-dusun yang lain.

Selain mengenai pendidikan, kami juga menanyakan mengenai banyak hal lainnya diantaranya keagamaan, potensi desa yang lainnya, tradisi desa, dan lain-lain. Kami tidak hanya mengunjungi dua dusun tersebut saja namun semua dusun yang ada di desa ini kami kunjungi baik kepada kepala dusun, tokoh agama ataupun masyarakat. Kunjungan selanjutnya adalah ke dusun rongtengah dimana jumlah penduduknya nomer dua terbesar di desa rongdurin ini kemudian disusul oleh dusun durinan dan yang terakhir dusun guwah. Dusun guwah ini adalah dusun yang paling jauh diantaranya dusun yang lainnya dan jumlah penduduk yang paling sedikit dibandingkan dusun lainnya yang ada di desa rongdurin ini. 

0 komentar:

Post a Comment