Sunday, July 24, 2016

Acara Haflah Akhirussanah MI dan SMP

Acara haflah akhirussanah ini diselenggarakan oleh warga desa rongdurin untuk memperingati kelulusan siswa di MI ataupun SMP. Setiap dusun di desa rongdurin mengadakan acara ini dengan tradisi yang berbeda seperti apa yang kami ketahui sebelumnya. Kami diundang secara langsung oleh kepala dusun dari tiap-tiap dusun di desa rongdurin tersebut. Acara haflah akhirussanah ini berlangsung selama 3 hari berturut turut dari tiap-tiap dusun. Pertama, pada hari sabtu acara ini diselenggarakan di dusun rongtengah yang mana sekolah didusun tersebut merupakan sekolah gabungan dari dua dusun yaitu rongtengah dan guwah.

Dan keesokan harinya diselenggarakan di dusun durinan yaitu dusun utama dari desa rongdurin yang juga termasuk dusun tempat tinggal kepala desa dan tempat tinggal kami sementara saat berada disini. Dan hari ketiga yaitu di selenggarakan di dusun bendungan. Acaranya dibuat begitu meriah dan warga juga begitu antusias untuk berpartisipasi dalam acara ini.
Di acara ini juga kami diperkenalkan dengan drum band khas buatan desa rongdurin sendiri serta kami juga menyaksikan bahwa dalam acara seperti ini jika ada seseorang siswa yang mendapatkan peringkat tinggi maka akan di berikan hadiah baik secara langsung maupun tidak langsung. Bukan hanya itu saja, ada beberapa hal juga yang membuat kami terpana yaitu ketika seorang siswa mendapatkan peringkat pertama maka semua warga yang hadir pada acara itu berbondong bondong naik ke atas panggung dan memberikan hadiah ataupun bingkisan. jika hanya sekedar hadiah mungkin wajar menurut kami namun selain itu warga disini juga mengalungkan uang kepada siswa yang berprestasi tersebut dan warga yang lainnya menempelkan uang di setiap bagian baju yang dikenakan oleh siswa tersebut. Ini adalah peristiwa pertama kalinya yang kami temui dan kami berharap dengan adanya tradisi seperti ini dapat membangkitkan semangat belajar bagi para siswa untuk bisa berprestasi.

Selain mereka dibekai dengan ilmu pengetahuan umum, mereka juga dibekali dengan ilmu agama karena kedua ilmu itu sangat penting untuk diselaraskan karena dengan harapan kelak nantinya merekalah anak-anak muda yang akan menjadi generasi baru penerus bangsa yang bisa membawa kebaikan untuk bangsa ini dan meneruskan perjuangan pahlawan kita sebelumnya yatu membangun bangsa kita lebih maju dari sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment